30.7 C
Jakarta
Sabtu, Oktober 5, 2024
spot_img

Mobil Mewah Vladimir Putin Akan Diproduksi di Pabrik Toyota

Aurus Senat yang jadi mobil mewah Presiden Rusia Vladimir Putin akan diproduksi di pabrik Toyota. Dikutip Auto Hindustan Times, Senin (13/5/2024), saat ini pabrik Toyota yang ada di St Petersburg, Rusia sudah lama ditinggalkan oleh pabrikan asal Jepang.

Hal itu terjadi sebagai bentuk respons Toyota yang tidak setuju dengan langkah Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Saat itu Toyota langsung memilih hengkang dan menyerahkan pabrik mereka di St Peterseburg ke Rusia.

“Fasilitas ini diserahkan oleh Toyota kepada negara yang juga juga memiliki mayoritas saham di Aurus,” tulis Auto Hindustan Times.

Setelah sekian lama mangkrak, Rusia akhirnya mengaktifkan kembali pabrik itu. Hanya saja pabrik itu tidak lagi memproduksi mobil-mobil Toyota tapi mobil Aurus Senat yang salah satu unitnya dijadikan mobil kepresidenan oleh Vladimir Putin.

“Aurus Senat adalah versi modern dari limusin era Soviet ZIL dan diyakini sebagai salah satu kendaraan bermotor paling aman di dunia,” klaim Aurus.

Sebelumnya Aurus Senat diproduksi di pabrik Aurus yang ada di Tatarstan. Hanya saja Rusia melihat perlunya pemusatan produksi guna menjaga ekslusivitas yang dimiliki Aurus Senat.

Apalagi Aurus Senat memang tidak mengincar volume penjualan yang sangat besar. Mobil sedan berdimensi besar itu memang ditargetkan untuk konsumen kelas atas.

Saat ini Aurus Senat dijual dalam dua versi yakni umum dan eksklusif. Aurus Senat versi umum adalah mobil sedan dengan dimensi panjang 5.631 mm dan berat 2.700 kilogram.

Versi ekslusif adalah Aurus Senat yang dijadikan mobil kepresidenan. Versi ini disesuaikan untuk Vladimir Putin dengan dimensi yang lebih panjang.

Aurus Senat eksklusif juga dilengkapi teknologi pertahanan yang canggih. Bodi mobil sudah diberikan pelat lapisan pelindung khusus, kaca yang diperkuat, perlindungan bawah lantai tahan bom, ban karet anti bocor, serta senjata ofensif terintegrasi dan pasokan oksigen mandiri.

Hanya saja jantung mekanis kedua versi itu tetap sama yakni mesin V12 6,6 liter dengan tenaga maksimal mencapai 850 daya kuda. Vladimir Putin pernah menghadiahkan Aurus Senat versi eksklusif untuk sahabatnya pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles