30.7 C
Jakarta
Sabtu, Oktober 5, 2024
spot_img

Investasi Rp18,5 Triliun, VinFast Ingin Bangun Pabrik Setara Vietnam di Indonesia

Pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast punya rencana besar di Indonesia. Tidak main-main mereka langsung menggelontorkan investasi sebesar USD1,5 miliar atau setara Rp18,5 triliun.

Kiprah mereka di Tanah Air diawali dengan ikut ambil bagian di ajang Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS) yang akan digelar pada 15 Februari 2024 nanti. Di pameran otomotif tersebut VinFast direncanakan membawa dua mobil listrik yang akan segera dipasarkan di Indonesia yakni VinFast VF5 dan VinFast VF e34.

Setelahnya VinFast justru punya rencana yang sangat menarik di Indonesia yakni membangun pabrik yang kapasitasnya setara dengan pabrik mereka di Haiphong, Vietnam.

Seperti pabrik di Haiphong, nantinya pabrik VinFast yang ada di Indonesia bisa memproduksi mobil sebesar 30.000 hingga 50.000 unit per tahun.

“Kompleks Haiphong menjadi landasan bagi ekpansi VinFast ke pasar kendaraan listrik Indonesia yang memicu harapan dan optimisme atas masa depan industri omototif yang lebih hijau,” tulis keterangan resmi VinFast.

Sayangnya VinFast tidak memberikan detail menyeluruh mengenai pabrik tersebut. Hingga kini belum diketahui dimana VinFast membangun pabrik yang luas tersebut.

Yang pasti langkah VinFast memang perlu diapresiasi mengingat saat ini banyak pemain baru yang masuk ke Indonesia lebih bermain aman dengan melakukan perakitan ketimbang membangun pabrik.

Apalagi pabrik yang disiapkan VinFast buat Indonesia diyakini setara dengan yang ada di Haiphong, Vietnam.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles