33.2 C
Jakarta
Sabtu, Oktober 5, 2024
spot_img

Setelah Vietnam, Kini Giliran Kamboja Punya Mobil Nasional

Diam-diam beberapa negara di Asia Tenggara mulai membuat mobil nasional sendiri. Setelah Vietnam yang punya VinFast kini giliran Kamboja yang bakal mengejutkan banyak orang dengan GTV Motor.

Diam-diam GTV Motor justru sudah membangun fasilitas produksi di Distrik Kandal, Kamboja. Pabrik yang berdiri di lahan seluas 100.000 meter persegi itu dibangun dengan kuncuran dana sebesar USD15,6 juta atau sekitar Rp240,09 miliar itu direncanakan akan beroperasi penuh pada akhir Februari 2024 nanti.

“Selain membuka 758 lapangan kerja, GTV Motor berupaya fokus untuk mengisi kebutuhan pasar domestik dibanding pasar ekspor,” tulis keterangan resmi GTV Motor dikutip The Better Cambodia.

GTV Motor sepertinya memang sadar diri sebagai pemain baru. Mereka tidak all out seperti VinFast dari Vietnam yang tiba-tiba langsung terbang ke Amerika Serikat, Australia, dan Indonesia.

Mereka justru ingin memanjakan konsumen di Kamboja dengan mobil buatan dalam negeri yang berkualitas. Termasuk memberikan mobil dengan harga yang terjangkau.

“GTV Motor hadir untuk memenuhi selera dan anggaran konsumen di Kamboja,” lanjut keterangan resmi GTV Motor.

Kehadiran GTV Motor di Kamboja tentu akan jadi hal yang menarik. Pasalnya mereka harus bertarung dengan merek-merek mobil yang telah lebih dulu hadir di Kamboja seperti Dongfeng, Ford, Hyundai, Isuz, Kia, Ssangtong, Soueast, Daehan, dan Toyota.

Belum lagi faktanya pasar otomotif Kamboja juga tidak terlalu besar. Per tahunnya penjualan mobil di Kamboja hanya berkisar di angka 20.000 hingga 30.000 unit.

Penjualan terbesar justru diprediksi bakal terjadi tahun 2024 dengan target penjualan 50.000 unit.

Nantinya untuk bersaing dengan yang lain, GTV Motor akan menghadirkan lima mobil dengan segmen yang berbeda. Dari gambar penggoda yang diunggah oleh GTV Motor setidaknya mereka sudah punya mobul SUV, mobil pikap, dan mobil MPV. Mobil-mobil tersebut merupakan jenis mobil yang memang sangat disukai oleh konsumen di Asia Tenggara seperti Kamboja.

Sayangnya tidak terungkap sosok investor yang ada di belakang GTV Motor. Yang pasti menurut Deputi Perdana Menteri Kamboja, Sok Chenda Sophea, investor di GTV Motor sudah lama mengamati perkembangan dunia otomotif Kamboja.

“Membangun pabrik di Kamboja tentu bukan hal yang tidak sengaja. Tentunya ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum berinvetasi. Keberhasilan Ford di sini dengan penjualan yang terus meningkat membuktikan pasar otomotif Kamboja terus berkembang,” jelas Sok Cheenda Sophea.

Nah menariknya dari akun Facebook resmi GTV Motor setidaknya ada dua mobil yang akan segera mereka jual di Kamboja. Keduanya adalah GTV Motor Krusar dan GTV Motor Kain.

Kedua mobil tersebut justru terlihat sangat moderen. Tidak main-main desainer mobil yang pernah jadi desain kepala studio desain terkenal Pininfarina yakni Lowie Vermeersch justru jadi desainer utama mobil-mobil buatan Kamboja itu.

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles