33.2 C
Jakarta
Sabtu, Oktober 5, 2024
spot_img

Rencana Toyota Jual Mobil Kembar Suzuki Jimny Ditolak

Mobil kembar bukan hal yang aneh lagi di dunia otomotif. Toyota dan Daihatsu kerap melakukannya seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia. Di pasar global, Mitsubishi dan Nissan juga sering bikin mobil kembar seperti Nissan Outlander baru dan Nissan X-Trail anyar.

Nah pola kerja sama itu yang ingin dilakukan Toyota pada Suzuki. Dilaporkan Drive, Selasa (2/1/2024) ini, Toyota ingin membuat mobil kembar dari mobil yang tengah popular belakangan ini, Suzuki Jimny.

Nantinya mobil tersebut tinggal berganti logo dari Suzuki ke Toyota. Rencana itu sebenarnya sah-sah saja karena Toyota memang punya saham sebesar 5 persen di Suzuki.

Keduanya bahkan sudah sering melakukan rebadge atau mobil kembar seperti Toyota RAV4 dengan Suzuki Across. Begitu dengan Toyota Corolla dan Suzuki Swace.

“Hanya saja keinginan Toyota melakukan rebadge Suzuki Jimnya sangat berlebihan sehingga langsung ditolak dengan halus oleh Suzuki,” sebut Drive.

Alasannya sangat logis karena Suzuki Jimny merupakan mobil yang sudah sangat identik dengan Suzuki. Mobil SUV bertubuh kompak itu memiliki nama yang begitu akrab di masyarakat.

Jadi melakukan rebadge ke Suzuki Jimny sama saja melukai perasaan banyak orang terutama para pencintanya. Suzuki melihat hal itu sangat tidak mungkin dilakukan

“Ini sama saja seperti meminta Toyota agar kami bisa melakukan rebadge ke Toyota Land Cruiser,” ungkap sumber Suzuki yang dikutip Drive.

Untungnya Toyota akhirnya memahami penolakan tersebut. Mereka kemudian berencana untuk mengembangkan sendiri mobil SUV kompak baru yang nantinya bisa jadi seperti Toyota Land Cruiser Mini. Mobil itu rencananya akan dikembangkan dari mobil knsep Toyota Cruiser EV.

Diperkirakan mobil SUV kompak buatan Toyota itu akan memiliki dimensi yang sama dengan Toyota Corolla Cros. Ukuran tersebut akan jauh lebih besar dibanding Suzuki Jimny namun jadi yang paling kecil di antara keluarga mobil SUV buatan Toyota.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles