33.2 C
Jakarta
Sabtu, Oktober 5, 2024
spot_img

Ini Konsep Produksi Mobil Listrik Murah Toyota Buat Negara ASEAN

Toyota mengaku tidak mampu menjawab keinginan berbagai negara-negara ASEAN agar berinvestasi mobil listrik. Toyota mengaku tidak akan bisa membangun pusat perakitan mobil lstrik di negara-negara Asia Tenggara meski banyak permintaan dikirimkan ke mereka.

Hao Quoc Tien, CEO Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) mengatakan saat ini memang banyak negara-negara di ASEAN berjanji akan memberikan banyak insentif jika Toyota mau merakit mobil listrik di negara mereka. Hanya saja hal itu sulit untuk diwujudkan.

Hao Quoc Tien mengatakan untuk mencapai bisnis jangka panjang, harga mobil listrik harus terjangkau. Untuk itu Toyota butuh volume yang besar.

“Bayangkan jika kita harus membuat mobil listrik di negara itu, negara ini, dan negara-negara lainnya. Harga komponennya akan lebih mahal,” ujarnya.

Menurut dia Toyota justru terpikir untuk melakukan cara yang sama seperti mereka mengembangkan bisnis mobil konvensional di kawasan Asia Tenggara. Mereka akan memanfaatkan fasilitas Toyota Centres of Excellence untuk membuat mobil-mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan negara-negara di Asia Tenggara.

Setelahnya mereka akan memanfaatkan spesialisasi di berbagai negara di ASEAN dalam pengadaan komponen mobil listrik.

“Kita akan tetap melakukan lokalisasi komponen. Mungkin Indonesia akan jadi tempat produksi baterai, mungkin juga Thailand akan jadi membuat motornya. Sementara negara-negara lain bisa merakit seluruh komponen tersebut sehingga kita bisa mendapatkan mobil listrik harga terjangkau,” jelas Hao Quoc Tien.

Dengan kata lain Toyota memang tidak ingin mengistimewakan satu negara tertentu di ASEAN. Mereka membagi kesempatan bagi setiap negara untuk merasakan langsung manisnya berbisnis mobil listrik.

Toyota sendiri akan mendapat keuntungan bisa menghadirkan mobil listrik harga terjangkau. Mobil listrik itu nantinya akan dipasarkan di wilayah ASEAN sehingga akan membentuk volume pasar yang memang diinginkan oleh Toyota.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles