29 C
Jakarta
Jumat, September 20, 2024
spot_img

Kontroversi Mitsubishi XForce Gendong Mesin Xpander, Ini Perbedaannya

Mitsubishi XForce mendapat banyak kritikan karena menggunakan mesin Mitsubishi Xpander. Banyak yang menuduh mesin berkode 4A91 itu bakal loyo jika ditaruh di mobil SUV seperti Mitsubishi XForce.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memahami adanya kritikan soal mesin. Menurut dia justru ada beberapa hal yang perlu diluruskan mengenai tuduhan tersebut.

Dia mengatakan mesin 4A91 yang ada di Mitsubishi Xforce telah mendapatkan beberapa sentuhan yang berbeda dengan mesin 4A91 yang ada di Mitsubishi Xpander. Sentuhan itu berupa pengaturan ulang untuk respons terhadap transmisi CVT.

“Ada tuning ulang sehingga mesin lebih responsif di putaran-putaran rendah,” ujar Hikaru Mii.

Selain itu dia juga menilai dari segi power to weight ratio juga sangat berbeda antara Mitsubishi XForce dan Mitsubishi Xpander. Menurutnya bobot Mitsubishi XForce memiliki bobot yang lebih ringan 50 kilogram dibanding Mitsubishi Xpander.

Dia mengatakan hal itu terjadi karena dari segi dimensi ada perbedaan yang besar antara Mitsubishi XForce dengan Mitsubishi Xpander. Mitsubishi XForce didedikasikan untuk mengangkut lima penumpang dan Mitsubishi Xpander bisa membawa tujuh penumpang sekaligus.

“Jadi power to weight ratio Mitsubishi XForce jauh lebih baik,” jelasnya.

Dia bahkan mengatakan hal itu pernah mereka buktikan ketika menguji Mitsubishi XForce ke wilayah Lembang, Jawa Barat. Mobil itu justru sama sekali tidak kesulitan ketika melewati berbagai tipe jalan yang ada. Termasuk jalan dengan tanjakan curam yang kerap ditemui di Lembang, Jawa Barat.

“Sama sekali tidak ada kesulitan karena memang mesinnya masih sangat ideal buat Mitsubishi XForce,” jelasnya.

Sebelumnya Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President Mitsubishi Motor Corporation juga pernah mengatakan pemilihan mesin Mitsubishi Xpander bukan tanpa sebab. Menurutnya Mitsubishi Xpander telah membuktikan diri sebagai mobil yang diterima dengan baik oleh masyarakat. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara lain.

Jadi mereka tidak perlu berpikir banyak untuk memasang platform dan powertrain Mitsubishi Xpander ke Mitsubishi XForce.

“Mitsubishi Xpander punya reputasi yang bagus di negara Asia terutama di Indonesia, jadi tidak perlu diragukan untuk memanfaatkan platform Xpander untuk model selanjutnya,” ujar Hiroshi Nagaoka.

Hiroshi Nagaoka melanjutkan mesin dan platform Mitsubishi Xpander tidak langsung mentah-mentah dipasang ke Mitsubishi XForce. Menurutnya
Dia mengatakan ada update yang dilakukan terhadap mesin Mitsubishi Xpander sehingga mesin Mitsubishi XForce memiliki puncak torsi yang sangat berbeda.

Selain itu ada perubahan pattern transmisi yang memberikan oengelaman berkendara khas SUV.

“Ini akan sangat berguna buat di perkotaan dan luar kota,” jelasnya.

Akbar Rausyan
Akbar Rausyanhttps://indoautonews.com/
Nama saya adalah Akbar. Saya seorang pemuda yang sosial dan memiliki 3 passion yaitu otomotif, bertemu orang baru, dan berwisata serta menggunakan media sosial. Saya mencoba untuk membuat blog ini menjadi praktis, sarat dengan saran yang bermanfaat serta ide-ide yang inspiratif.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles