31.9 C
Jakarta
Jumat, September 20, 2024
spot_img

Gagal Hadir di Indonesia, Suzuki Jimny 5 Pintu Muncul di Afrika Selatan

Mobil SUV Suzuki Jimny lima pintu muncul di pameran otomotif Afrika Selatan, Festival of Motoring 2023 yang digelar di Johannesburg, 25-27 Agustus pekan lalu. Penampilan Suzuki Jimny lima pintu di Afrika Selatan itu merupakan penampilan kedua setelah sebelumnya tampil perdana di ajang Auto Expo pada Januari 2023 lalu.

Kehadiran Suzuki Jimny lima pintu di Afrika Selatan itu juga mengejutkan banyak penggemarnya di Indonesia. Pasalnya banyak orang menduga sebelum hadir di Afrika Selatan, mobil SUV kompak dari Suzuki itu lebih dulu hadir di Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 (GIIAS) yang digelar pada 10-20 Agustus 2023 lalu.

Sayangnya saat itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak membawa Suzuki Jimny lima pintu ke Tanah Air. Kehadiran Suzuki Jimny lima pintu di Afrika Selatan juga tak kalah istimewa dengan penampiilan perdananya di India.

Suzuki bahkan memberikan warna khusus buat Suzuki Jimny lima pintu yang dijual di Afrika Selatan. Warna spesial itu adalah warna hijau militer, atau Military Green, yang berhasil memberikan aura yang berbeda buat Suzuki Jimny lima pintu.

“Suzuki Jimny di Afrika Selatan sebelumnya dipasarkan dalam tiga varian untuk versi tiga pintu. Hanya saja untuk versi lima pintu hanya akan tersedia dua varian,” sebut sitsu Carwale, Senin (28/8/2023) ini.

Dari segi fitur tidak ada perbedaan yang besar antara Suzuki Jimny lima pintu edisi India dengan Afrika Selatan. Suzuki Jimny lima pintu masih dilengkapi dengan sistem infotainment layar sentuh SmartPlay Pro+ sembilan inci, Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay, pengatur suhu otomatis, dan pengatur kecepatan jelajah.

Untuk fitur keamanan dan teknologi, Suzuki Jimny lima pintu sudah dilengkapi dengan nam airbag, tombol start/stop tanpa kunci, kamera parkir belakang, washer lampu depan, wiper belakang dengan washer, hill hold assist, ESP, dan ISOFIX.

Jantung mekanis mobil ini juga tetap mengusung mesin bensin K15B 1,5 liter yang dipadukan dengan manual lima kecepatan dan unit konverter torsi empat kecepatan. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 103bhp dan torsi puncak 134Nm. Sementara itu, sistem AllGrip Pro 4×4 dari merek tersebut akan ditawarkan sebagai standar di seluruh jajaran produk.

Sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang sempat memberi sinyal akan kemungkinan hadirnya Suzuki Jimny lima pintu di Indonesia. Pasalnya Suzuki Jimny merupakan mobil yang sangat legendaris dan diterima dengan baik oleh pasar Indonesia.

Sayangnya, Suzuki tidak secara tegas menyebut nama Suzuki Jimny yang akan dihadirkan di Indonesia.

“Jadi ke depannya salah satu produk ini akan kita perkenalkan dan bisa menyegarkan produk-produk SUV kami. Kemudian dalam waktu dekat akan ada penyegaran untuk SUV yang kami produksi di dalam negeri dan rencananya akan ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line-up legend SUV kami,” jelas 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra beberapa waktu lalu.

Kode yang diberikan oleh Donny Ismi Saputra soal ekstensifikasi line-up legend SUV milik Suzuki ini dapat mengarah kepada Jimny lima pintu yang merupakan bentuk pengembangan dari Suzuki Jimny tiga pintu.

Sayangnya hingga kini Suzuki Jimny lima pintu justru tidak kunjung hadir juga. Mobil itu malah nongol di Afrika Selatan.

Akbar Rausyan
Akbar Rausyanhttps://indoautonews.com/
Nama saya adalah Akbar. Saya seorang pemuda yang sosial dan memiliki 3 passion yaitu otomotif, bertemu orang baru, dan berwisata serta menggunakan media sosial. Saya mencoba untuk membuat blog ini menjadi praktis, sarat dengan saran yang bermanfaat serta ide-ide yang inspiratif.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles