31.9 C
Jakarta
Jumat, September 20, 2024
spot_img

Mengejutkan! Honda N-VAN EV Ambil Peran Tak Terduga Bersama Pertamina

PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan kerja sama dengan Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy untuk menjalanan riset penggunaan mobil listrik dalam kegiatan niaga di perkotaan. Dari kerja sama itu Honda meminjamkan satu unit Honda N-VAN EV Prototype ke Pertamina.

Peminjaman tersebut akan berlangsung selama tiga bulan. Namun peminjaman bukan diberikan untuk kepentingan operasional pekerja di Pertamina, seperti yang banyak dilakukan oleh produsen mobil listrik lain di Indonesia.

Alih-alih mobil listrik itu justru akan digunakan untuk pengiriman barang. Tepatnya pengiriman barang dari gudang penyimpanan barang Pertamina Retail ke 14 lokasi Bright Store yang ada di wilayah Ibu Kota.

Kotaro Shimizu, President Director PT HPM mengatakan kerja sama itu memang dilakukan untuk memahami kebutuhan konsumen dan infrastruktur di Indonesia sekaligus upaya implementasi visi elektrifikasi Honda di Indonesia. Dia juga mengatakan sebelumnya Honda juga sudah melakukan studi dengan meminjamkan Honda e ke Universitas Indonesia.

Peminjaman Honda e dilakuan untuk memahami penggunaan mobil listrik untuk kegiatan sehari-hari. Kali ini Honda N-VAN Prototype dilakukan untuk membaca kebutuhan logistik yang memang kerap dilakukan di wilayah Ibu Kota.

“Studi ini akan melengkapi pembelajaran kami khususnya untuk penggunaan kegiatan komersial. Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Pertamina sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang memiliki visi sejalan dengan Honda untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan di masa mendatang,” jelasnya.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah Pertamina Patra Niaga melalui anak usahanya Pertamina Retail yang mengoperasikan Bright Store, dalam mendorong transisi energi di lini bisnis Non-Fuel Retail. Hal ini sekaligus mendorong utilisasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang saat ini sudah tersedia di sejumlah SPBU Green Energi Station di wilayah Jakarta.

“Harapannya, melalui penggunaan electric 4-wheeler jenis mobil angkut barang, dapat menciptakan efisiensi sekaligus berkontribusi pada pengurangan emisi dalam operasional bisnis Non-Fuel Retail kami. Serta kedepan mendorong pelaku industri lainnya dalam mengutilisasi SPKLU atau charging station di SPBU Green Energy Station Pertamina,” ujar Riva.

Dannif Danusaputro selaku Direktur Utama Pertamina NRE mengatakan bahwa, bagi Pertamina NRE kerjasama ini akan menjadi milestone strategis karena Pertamina NRE juga memiliki fokus pada pengembangan ekosistem baterai dan kendaraan listrik dalam portofolio bisnisnya.

“Kami sangat menyambut baik kolaborasi yang positif antara Pertamina dan Honda. Saat ini pun Pertamina NRE berpartisipasi dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik melalui Indonesia Battery Corporation. Kami percaya bahwa kolaborasi berbagai pihak akan mempercepat terbangunnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” terang Dannif

Honda N-VAN EV Prototype yang digunakan dalam riset ini merupakan pengembangan dari model mobil Honda N-VAN, salah satu model kendaraan komersial yang sangat sukses dari Honda. Pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang pada tahun 2018, N-VAN banyak digunakan bukan hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dalam kegiatan bisnis dan niaga, terutama dalam hal pengantaran barang.

Dengan desain yang kompak dan lincah, Honda N-VAN telah menjadi pilihan populer di kalangan pengusaha dan pelaku bisnis yang membutuhkan kendaraan ringkas dengan kapasitas muatan yang optimal. Ruang bagasi Honda N-VAN mudah digunakan karena Honda meniadakan pilar tengah di sisi penumpang yang memungkinkan bukaan lebih besar di sisi penumpang depan kendaraan.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles