27.3 C
Jakarta
Minggu, September 22, 2024
spot_img

Lebih Dekat dengan Mitsubishi Triton RALLIART Besutan Rifat Sungkar di AXCR 2023

Pembalap nasional Rifat Sungkar akan berlaga di ajang balap reli Asia Cross Country Rally 2023 (AXCR) pada Agustus 2023 nanti. Di ajang balap reli yang kerap dinamai sebagai Reli Dakar-nya Asia itu Rifat Sungkar mewakili tim Mitsubishi RALLIART.

Tim tersebut bahkan sudah mempersiapkan mobil balap khusus yang akan digeber oleh suami aktris Sissy Priscillia itu sejauh 2.000 kilometer lebih. Lalu seperti apa sih mobil balap yang akan dipakai pria yang juga Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu?

Mobil tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Mitsubishi Triton generasi ketiga yang baru saja diluncurkan di Thailand, Rabu (26/7/2023) kemarin. Hanya saja ada banyak perbedaan yang diberikan ke mobil baru tersebut karena digunakan untuk kepentingan balap.

“Jauh lebih baik dibandingkan model sebelumnya,” ujar Rifat Sungkar di kanal YouTube Mitsubshi RALLIART.

Memang dari segi tampilan eksterior tidak ada yang membedakan antara Mitsubishi Triton generasi ketiga terbaru dengan Mitsubishi Triton RALLIART yang dipakai untuk AXCR 2023. Perbedaan mencolok hanyalah livery yang sangat sporty khas RALLIART.

Selain itu mobil balap yang dipakai Rifat Sungkar juga mengalami beberapa penambahan guna menyesuaikan regulasi. Beberapa penambahan seperti roll cage dan bumper guard dipasang sebagai standar keamanan.

Selain itu ada juga upaya pengurangan bobot agar mobil jadi lebih baik saat balapan. Mitsubishi RALLIART melakukannya dengan menggunakan serat karbon untuk beberapa titik mobil seperti kap mesin, pintu depan dan belakang, serta tempat tidur kargo.

Termasuk juga penggunaan velg aluminium yang ringan dan ban off-road berukuran sempit. Meski demikian Mitsubishi RALLIART meyakini penggunaan velg aluminium dan ban off-road berukuran sempit bisa meningkatkan pengendalian jalan di beberapa kondisi jalan baik itu keras dan berlumpur.

Selain memperpanjang tapak basis mobil, mobil balap itu juga dipasang suspensi depan dan belakang khusus reli dan LSD. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan performa handling yang sporty dan stabil.

Jantung mekanis mobil balap ini juga sedikit berbeda dengan versi standar Mitsubishi Triton generasi ketiga terbaru. Mesin turbo diesel 2.4 L disetel ulang untuk mengurangi hilangnya friksi dan bobot. Selain itu sistem turbo juga diberikan sentuhan khusus untuk meningkatkan output di seluruh rentang RPM.

Akbar Rausyan
Akbar Rausyanhttps://indoautonews.com/
Nama saya adalah Akbar. Saya seorang pemuda yang sosial dan memiliki 3 passion yaitu otomotif, bertemu orang baru, dan berwisata serta menggunakan media sosial. Saya mencoba untuk membuat blog ini menjadi praktis, sarat dengan saran yang bermanfaat serta ide-ide yang inspiratif.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles